Agama Memelihara Dan Memberi Petunjuk Pada Hati

A pa yang ada di dalam hati itulah sebenarnya yang harus dipelihara sebaik-baiknya. Manakala ia baik, maka semua perbuatan manusia akan baik...

Apa yang ada di dalam hati itulah sebenarnya yang harus dipelihara sebaik-baiknya. Manakala ia baik, maka semua perbuatan manusia akan baik. Begitu pula sebaliknya, manakala apa yang ada di dalam hati itu tidak terawat hingga menjadi jelek, maka perbuatan manusia menjadi jelek pula.



Cara untuk memelihara hati tidak ada konsep dari manusia. Urusan hati berada pada wewenang Tuhan. Manusia juga tidak mengerti, siapa sebenarnya apa yang ada pada hati itu, kecuali amat terbatas. Hal itu juga dinyatakan di dalam al Qur’an bahwa ruh itu adalah urusan Tuhan. Manusia tidak diberikan ilmu, kecuali hanya sedikit saja. 

Sedangkan untuk memeliharfa hati, Tuhan menurunkan utusan atau disebut rasul dengan membawa ajarannya. Islam sebagai agama terakhir dibawa oleh Nabi Muhammad. Agama inilah sebenarnya membawa ajaran untuk memperbaiki hati manusia. Disebutkan di dalam haditsnya, : innama buitstu liutammima makarimal akhlaq.  Bahwa sesungguhnya aku (Muhammad saw) diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia. 

Nabi Muhammad sebagai pembawa ajaran yang mulia itu telah menyandang keagungan akhlaq. Nabi memiliki sifat siddiq, amanah, tabligh, dan fathonal. Berbekalkan sifat-sifat mulia  itulah, beliau  menjalankan tugasnya dan berhasil. Ajaran itulah yang  terangkum di dalam kitab suci al Qur’an. Oleh karena itu, siapa saja yang ingin memperbaiki akhlaq, maka tidak akan mungkin akan berfhasil jika tidak berpegang pada kitab suci dan apa yang dilakukan oleh Nabi yang kemudian disebut sebagai hadits nabi itu.   

Ajaran Islam berupa al Qur’an dan hadits nabi  ternyata lebih mengedepankan pada aspek hati, yakni sebuah sumber perilaku manusia. Perbuatan fisik, berupa ucapan lisan dan tindakan manusia sebenarnya adalah berasal dari apa yang ada di dalam hati itu. Semua anggota tubuh, yaitu mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki, badan dan tidak terkecuali akal, adalah merupakan alat yang digunakan oleh hati. Oleh karena itulah sebenarnya, ——-sebagaimana petunjuk agama, hati itu  yang harus dijadikan  sasaran untuk diperbaiki.

Memperbaiki manusia hanya dari aspek luar, tanpa memperhatikan  hati, maka tidak akan banyak  gunanya.  Umpama usaha dimaksud kelihatan berhasil, sebenarnya hanya bersifat seolah-olah, seakan-akan, atau kamuflase. Suatu usaha kelihatan sudah baik dan berhasil, tetapi sebenarnya masih jauh dari harapan yang dikehendaki. Seolah-olah keadaan sudah sejahtera, jujur,  dan adil, padahal yang terjadi sebenarnya adalah masih jauh dari apa yang digambarkan itu. 

Oleh karena dalam berbagai kegiatan yang utama dinilai  hanyalah aspek lahir, maka betapa banyak orang mereka-reka sesuatu agar kelihatan baik dan bahkan sempurna.  Namun tidak lama kemudian, apa yang dikatakan baik itu ternyata ketahuan bahwa semuanya adalah  palsu. Lebih memprihatinkan lagi, betapa banyak pejabat pemerintah yang semula dianggap baik, berpreatsi,  dan kemudian diberi penghargaan yang tinggi, namun kemudian ternyata juga ketahuan telah  melakukan penyimpangan yang luar biasa besarnya. 

Dari berbagai kasus atau kejadian itu telah menunjukkan bahwa   untuk melihat perilaku manusia yang sebenarnya harus utuh dan bahkan hingga sampai pada sumber kekuatan penggeraknya, yaitu apa yang ada di dalam hati. Tanpa memperhatikan aspek itu, maka selamanya siapapun hanya akan berada pada wilayah seolah-olah, seakan-akan, dan atau  bersifat kamuflase itu. 

Itulah agama memberikan petunjuk, bahwa niat adalah menjadi sangat urgen dan mendasar. Agama mengajarkan bahwa semua perbuatan tergantung pada niatnya. Sedangkan niat itu sendiri adalah merupakan perbuatan hati. Manakala hatinya baik maka semua akan menjadi baik. Sebaliknya, jika hati jelek, sakit, dan apalagi mati, maka semua perbuatan yang sekalipun tampaknya  baik, ternyata cacat dan atau jelek.  Oleh karena itu, manakala bangsa ini dirasakan banyak problem dan sulit diperbaiki, maka sebenarnya hal itu bersumber dari hati bangsa ini sendiri. 

Memperbaikinya tidak ada jalan, kecuali kembali pada agama. Agamalah yang mengurus hati itu. Mengabaikan agama, maka hingga kapan pun, kehidupan yang digambarkan ideal, tidak akan pernah tercapai.  Sekedar memenuhi kebutuhan perumahan, fasilitas jalan raya, menambah alat transportasi, kebutuhan bahan pokok, dan sejenisnya mungkin saja bisa tercapai, tetapi untuk meraih keadilan, kejujuran, kesejahteraan, dan kedamaian yang sejati, tanpa ajaran yang dibawa oleh Rasul-Nya tidak akan tercapai. Ajaran agama memberikan tuntunan terhadap sumber penggerak manusia, yaitu hati. Melalui agama, hati menjadi sehat dan baik, sehingga  akhirnya semuanya akan menjadi baik pula. Wallahu a’lam.

Penulis : Prof. Imam Suprayogo

COMMENTS

Nama

#10HariBercerita,1,Audio,10,Daily Writing,19,Karya Tulis,17,Komik,4,Ramdhan,1,Renungan,12,Review,1,Video,11,
ltr
item
Tulisan SalmanSyuhada: Agama Memelihara Dan Memberi Petunjuk Pada Hati
Agama Memelihara Dan Memberi Petunjuk Pada Hati
https://3.bp.blogspot.com/-RIeRklOWwqU/VuQX-Qmo1GI/AAAAAAAAAFg/zOricWKCY0oajxfSVuxFKqFTPZspsLk2w/s1600/Agama%2BMemelihara%2BDan%2BMemberi%2BPetunjuk%2BPada%2BHati.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RIeRklOWwqU/VuQX-Qmo1GI/AAAAAAAAAFg/zOricWKCY0oajxfSVuxFKqFTPZspsLk2w/s72-c/Agama%2BMemelihara%2BDan%2BMemberi%2BPetunjuk%2BPada%2BHati.jpg
Tulisan SalmanSyuhada
http://tulisan.salmansyuhada.com/2016/03/agama-memelihara-dan-memberi-petunjuk.html
http://tulisan.salmansyuhada.com/
http://tulisan.salmansyuhada.com/
http://tulisan.salmansyuhada.com/2016/03/agama-memelihara-dan-memberi-petunjuk.html
true
1604219679755782996
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy